Lakukan Layanan Kesehatan Gratis, Kapal RS Terapung KM Malahayati Tiba di Aceh

Daerah, headline140 Dilihat

BANDA ACEH – Rumah Sakit (RS) Terapung Kapal Malahayati, yang dilepas oleh Ketua Umum PDI-Perjuangan, Megawati Soekarno Putri pada 10 Juni lalu di Dermaga Kade Inggom VVQ9+5M6, Tanjung Priok, Jakarta, tiba di Pelabuhan Ulee Lheu, Banda Aceh, Minggu dini hari, 2 Juli 2023.

RS Terapung Kapal Malahayati berlayar selama 24 hari dan sempat mundur dari jadwal karena cuaca buruk.

Kapal merapat di Pelabuhan Ulee Lheu dengan membawa 12 ABK beserta kru medis sebanyak 6 orang disambut oleh Ketua Bidang Sosial dan Penanggulangan Bencana (Baguna) DPP PDI Perjuangan, Ribka Ciptaning serta Pengurus DPD dan DPC PDI-P dari Aceh.

Menurut Ribka Ciptaning, awalnya RS Terapung Kapal Malahayati dijadwalkan tiba Sabtu di Pelabuhan Malahayati, namun karena terkendala cuaca, jadwal tiba mundur menjadi hari Minggu dini hari pukul 01.00 WIB di Pelabuhan Ulee Lheue.

Dikatakannya, misi kemanusiaan tetap berjalan sesuai jadwal selama 3 hari, dari 1 hingga 3 Juli 2023 untuk kegiatan pengobatan gratis, pembagian sembako, pembagian bantuan sosial serta pembagian peralatan kesehatan seperti kursi roda bagi penyandang disabilitas dan kategori lansia. Kegiatan berlangsung di dua titik, yaitu Pelabuhan Malahayati dan Pelabuhan Ulee Lheue.

Ketua DPD PDI-Perjuangan Aceh, Muslahudin Daud mengatakan pengobatan gratis ini telah dilaksanakan selama dua hari dan tidak ada persyaratan apapun bagi warga yang ingin berobat. Telah disiapkan 10 dokter dan beberapa tenaga medis untuk melayani warga.

“Bagi warga yang ingin berobat, dipersilakan datang dan gratis. Tidak ada persyaratan apapun, karena kita sudah menyiapkan 10 dokter dan beberapa tenaga medis untuk melayani di dua titik, yaitu Pelabuhan Malahayati dan Pelabuhan Ulee Lheue,” kata Muslahuddin.

Selain menyambut kedatangan RS Terapung KM Malahayati serta melakukan misi kemanusiaan, rombongan dari DPP PDI Perjuangan beserta DPD dan DPC seluruh Aceh juga melakukan ziarah dan doa bersama di makam pahlawan Malahayati, di Gampong Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Kabupaten Aceh Besar. (*)

 

Sumber : Portalnusa.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *