Pangdam IM Pimpin AKRS di Taman Makam Pahlawan Kota Banda Aceh

Daerah, headline130 Dilihat

BANDA ACEH – Panglima Komando Daerah Militer Iskandar Muda (Pangdam IM) Mayor Jenderal TNI Novi Helmy Prasetya, S.I.P, M.I.P memimpin Apel Kehormatan dan Renungan Suci (AKRS) yang berlangsung di Taman Makam Pahlawan yang berada di Gampong Ateuk Pahlawan, Kecamatan Baiturrahman Kota Banda Aceh, Rabu (17/08/23) malam.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci merupakan rangkaian kegiatan dalam peringatan HUT ke-78 RI Tahun 2023. AKRS memiliki tujuan untuk mengenang jasa dan mendoakan arwah para pahlawan bangsa yang gugur di medan perang maupun pahlawan pasca kemerdekaan Republik Indonesia.

Kegiatan ini dihadiri pula oleh prajurit TNI Angkatan Darat, Angkatan Laut, Angkatan Udara dan Polri serta Satpol PP dan WH Aceh serta Unsur PNS wilayah Garnisun Banda Aceh. Selain itu, Apel juga dihadiri oleh sejumlah Kepala Satuan Kerja Perangkat Aceh, unsur Forkorpimda Kota Banda Aceh.

Dalam AKRS tersebut Pangdam IM membacakan Naskah Apel Kehormatan yang berisi penghormatan yang sebesar-besarnya, atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan para pahlawan dalam mengabdikan diri pada perjuangan demi negara dan bangsa, serta bertekad untuk melanjutkan perjuangan para Pahlawan.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci digelar setiap tanggal 17 Agustus setiap tahunnya, tepat pukul 00:00 WIB. Kegiatan ini dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang dengan ikhlas dan gugur di medan tugas demi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Hingga saat ini, di Taman Makam Pahlawan di Gampong Ateuk itu bersemayam 400 jasad pahlawan, yang terdiri atas Pusara Angkatan Bersenjata sebanyak 384, Pegawai Sipil 4 pusara, Pejuang Rakyat 7 pusara dan Pahlawan Tak Dikenal 5 pusara.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci ini dihadiri oleh unsur Forkopimda Aceh dan PJU Kodam IM. (Rill/CR).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *