PKKMB Unmuha: Muhammadiyah Miliki Aset Lebih Dari Rp 400 Triliun

Daerah, headline188 Dilihat

BANDA ACEH – Wakil Ketua Pimpinan Wilayah Muhammadiyah Aceh, Dr. Taqwaddin Husen mengisi materi Pengenalan Organisasi Muhammadiyah yang disampaikan dalam pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Universitas Muhammadiyah Aceh 2023/2024 yang berlangsung di UCC Ahmad Dahlan Unmuha, Senin, 11 September 2023.

Dihadapan sekitar 551 Mahasiswa ia menyampaikan sejarah singkat Muhammadiyah, Maksud dan Tujuan Amal Usaha Muhammadiyah, Peran Muhammadiyah melalui Amal Usahanya dan Jumlah Aset Muhammadiyah saat ini.

“Muhammadiyah adalah organisasi Gerakan Islam, Da’wah Amar Ma’ruf Nahi Mungkar dan Tajdid(Pembaruan) yang bersumber dari Al-Qur,an dan As Sunnah, Muhammadiyah didirikan oleh KH. Ahmad Dahlan pada 18 November 1912 bertepatan 8 Dzulhijjah 1330 H di Yogyakarta,” Kata Taqwaddin dalam penyampaiannya.

Ia menjelaskan, bahwa dalam Organisasi Muhammadiyah juga terdapat Pimpinan organsiasi yang dimulai dari Pimpinan Ranting, Pimpian Cabang, Pimpinan Daerah, Pimpinan Wilayah dan juga Pimpinan Pusat. Saat ini Muhammadiyah juga telah memiliki 27 Cabang Istimewa yang tersebar di 27 negara.

“Didalam Organisasi Muhammadiyah juga terdapat 7 Organisasi Ortonom (Ortom) Muhammadiyah yaitu Ikatan Aisyiyah, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, Ikatan Pelajar Muhammadiyah, Hisbul Wathan dan juga Tapak Suci Putera Muhammadiyah,” ujar Hakim Tinggi Ad Hoc pada Tindak Pidana Korupsi itu.

Saat Ini Muhammadiyah juga memiliki aset yang lebih dari Rp. 400 Triliun seperti dalam bidang Agama Islam memiliki 11.198 Masjid Taqwa dan Mushalla. dalam bidang Pendidikan 7.651 Sekolah, 340 pasantren dan 174 Perguruan Tinggi. Dalam bidang kesehatan dan sosial memiliki 457 rumah sakit, 318 panti asuhan, 54 panti asuhan dan 82 panti rehabilitasi cacat.

“Saat ini Muhammadiya juga memiliki tanah wakaf seluas 21.000.000 meter persegi, serta daam bidang ekonomi, Muhammadiyah memiliki BMT, Koperasi, Minimarket dan Hotel dan dalam bidang politik kenegaraan Muhammadiyah memiliki lembaga Judicial Review dan Lembaga Fiqih Bernegara,” ucapnya. (cr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *