Ini Lima Manfaat Minum Air Rebusan Serai Selain Turunkan Kolesterol

Gaya Hidup, headline256 Dilihat

GAYA HIDUP – Sudah sejak lama serai digunakan sebagai pengobatan tradisional. Air rebusan serai dipercaya bisa membantu menurunkan tekanan darah tinggi hingga kolesterol.

Serai mengandung sumber antioksidan dan sifat antimikroba. Selain itu, serai juga kaya akan vitamin dan mineral. Untuk mendapatkan manfaatnya, serai paling sering dikonsumsi dalam bentuk air rebusan dan teh.

Seperti dilansir dari laman Hindustan Times, Rabu (6/9/2023), berikut penyakit yang bisa diatasi dengan meminum air rebusan serai.

1. Masalah Pencernaan

Serai diresepkan untuk membantu mengatasi masalah pencernaan, karena bertindak sebagai diuretik alami. Rempah ini dapat membantu meringankan mual, sembelit, kembung, dan menenangkan perut untuk menjaga sistem pencernaan.

Sebuah penelitian pada 2012 yang diterbitkan oleh National Institutes of Health menunjukkan bahwa serai efektif melawan sakit maag, yang selanjutnya mengurangi kram.

2. Menurunkan Tekanan Darah Tinggi

Serai mengandung potasium yang tinggi, dan membantu meningkatkan produksi urine dalam tubuh. Hal ini, pada gilirannya, menurunkan tekanan darah dan meningkatkan sirkulasi darah.

Menurut penelitian yang diterbitkan dalam Medical Forum Monthly, serai efektif menurunkan tekanan darah. Faktanya, berdasarkan studi observasi yang dirilis pada 2012, ditemukan bahwa teh serai lebih efektif dibandingkan teh hijau.

3. Menurunkan Berat Badan

Air serai digunakan sebagai detoks untuk meningkatkan metabolisme, yang selanjutnya membantu penurunan berat badan.

Menurut laporan 2013 yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition, keberadaan senyawa polifenol dan kandungan kafein dalam serai meningkatkan pengeluaran energi dan oksidasi lemak, sehingga berkontribusi terhadap penurunan berat badan.

4. Melawan Kanker

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal Agriculture and Food Chemistry, serai kaya akan antioksidan. Antioksidan ini memiliki kemampuan melawan radikal bebas yang bertanggung jawab atas perkembangan sel kanker serta penuaan dini.

5. Mengurangi Kecemasan

Serai merupakan formula herbal yang dapat membantu meredakan kecemasan dan stres. Pusat Kanker Memorial Sloan Kettering menyarankan mencium aroma serai untuk segera mengurangi kecemasan dan stres. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *