Hj. Suwarni maju Jadi Calon Bupati Simeulue, Paparkan Program di Partai Gerindra

Politik125 Dilihat

BANDA ACEH – Bakal Calon (Bacalon) Bupati Simeulue Hj. Suwarni Abubakar, SKM, MPH menyampaikan program serta visi dan misinya sebagai Bacalon Kepala Daerah di kantor Dewan Pengurus Daerah (DPD) Partai Gerindra Aceh di kawasan Lueng Bata, Banda Aceh, Rabu (8/5/2024).

Sebelumnya, Hj. Suwarni telah mendaftar ke Pengurus Cabang partai Gerindra Simeulue beberapa waktu lalu. Sebagai tindak lanjut,  Bacalon menyampaikan program maupun visi dan misi secara langsung dihadapan tim penjaringan tingkat DPD Gerindra Aceh.

Hal itu sebagai salah satu bagian dari syarat kelengkapan dokumen yang nantinya disampaikan ke Dewan Pengurus Pusat. Sebelum penyampaian visi misi secara langsung, pengurus DPD Gerindra Aceh, Mahfud Y Loethan, sebagai MC kegiatan, membacakan sekilas profil Hj. Suwarni Abubakar.

Mahfud mengatakan dalam catatan Gerindra, dari domumen pendaftaran yang sudah masuk ke DPD, bahwa Hj. Suwarni merupakan satu-satunya perempuan yang mengambil peran dalam pemilihan kepala daerah di Simeulue.

“Dalam catatan kami, ibu Suwarni adalah satu satunya perempuan yang mengambil peran untuk maju sebagai kepala daerah di Simeulue” ujar Mahfud.

Mahfud mengatakan, Hj. Suwarni sudah memiliki banyak pengalaman saat masih aktif sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN). Bahkan, beberapa jabatan strategis telah diemban di sejumlah daerah seperti Kepala Sekolah Perawat Kesehatan (SPK) Sabang tahun 2003-2006.

Direktur Akper Ibnu Sina kota Sabang tahun 2004-2010, Kepala Dinas Kesehatan Kota Sabang tahun 2010-2012, Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Aceh Jaya tahun 2014-2016.

Selanjutnya berbagai jabatan lainnya diemban sejak dari Puskesmas Calang Aceh Jaya, Bappeda Aceh Jaya, RSUD Sabang, Dinas Kesehatan Aceh hingga jabatan terakhir sebelum pensiun beberapa bulan lalu, sebagai Widiyaiswara di Bappelkes Aceh.

Sementara, Ketua Tim Penjaringan Calon Kepala Daerah dari Partai Gerindra Aceh, Nasrul Sufi mengatakan beberapa bakal calon kepala daerah di Aceh sudah mendaftar untuk medapatkan usungan dari partai yang dipimpin presiden terpilih Prabowo Subianto itu.

Dikatakan, sejauh ini, dari semua yang telah mendaftar ke Gerindra sebagai Bacalon Kepala Daerah kabupaten dan kota di Aceh, Dua diantaranya tokoh perempuan yaitu Hj. Illiza Sa’aduddin Djamal, SE yang mendaftar sebagai Bacalon Walikota Banda Aceh dan Hj. Suwarni Abubakar yang mendaftar sebagai Bacalon Bupati Simeulue.

“Ini menunjukkan bahwa partai Gerindra sangat diminati oleh para calon kepala daerah di Aceh. Tahapan penjaringan hari ini adalah masih dalam tahap pengumpulan dokumen dan penyampaian visi dan misi maupun program kerja calon kepala daerah,” katanya.

Setelah ini, kata Nasrul, terdapat tahapan lagi yaitu mekanisme survey oleh perguruan tinggi yang telah ditunjuk. “Nantinya ada  masyarakat yang diwawancarai dan sifatnya rahasia. Itu dilakukan oleh lembaga kampus di Aceh, nantinya menjadi pertimbangan dan diusulkan ke DPP Gerindra untuk memberikan rekomendasi,” ucapnya.

Dalam presentasinya, Hj. Suwarni Abubakar mengatakan yang menjadi programnya apabila dipercayakan untuk memimpin Simeulue adalah membangun kabupaten Simeulue menjadi daerah yang lebih maju,  membangun masyarakat berkualitas dan punya daya saing baik tingkat nasional maupun internasional serta menguatkan syariat islam.

Sejumlah program yang terpadu dalam visi dan misinya adalah mengembangkan dan memberdayakan sektor-sektor strategis yang memang dibutuhkan masyarkat di daerah kepulauan itu. Beberapa diantaranya adalah mengembangkan Pendidikan yang berkualitas bagi  anak-anak simeulue sampai mendapatkan hak pendidikan hingga ke tigkat internasional.

Selain itu, perlunya meningkatkan kualitas SDM aparatur di segala bidang. Dari segi infrastruktur, Simeulue sendiri perlu pembangunan infrastruktur yang memadai, yang dinilai masih tertinggal. Hal ini, katanya, bukan menyalahkan pemimpin sebelumnya, tapi untuk memperkuat program yang sudah ditorehkan Bupati sebelumnya dan dikembangkan lagi untuk kemajuan daerah.

Selanjutnya, dalam paparannya Hj. Suwarni juga memperhatikan perlunya penataan kota Sinabang sebagai ibukota kabupaten Simeulue. Dia menilai, perlu tata ruang yang baik dalam menata kota Sinabang.

“Kota Sinabang kerap dilanda kebakaran yang sudah beberapa kali, sehingga perlu penataan yang lebih representatif sebagai wajah ibukota yang memang menjadi pintu gerbang kabupaten Simeulue,” katanya.

Beberapa sektor lain yang masuk dalam visi dan misinya disampaikan dihadapan para tim penjaringan kepala daerah dari Gerindra yaitu bidang pariwisata, kelautan dan perikanan, Perkebunan, Pendidikan, transportasi dan lainnya.

Pelayanan Kesehatan yang Pro Rakyat

Hj. Suwarni yang selama ini berkiprah si bidang Kesehatan, menginginkan pelayanan kesehatan yang memadai bagi rakyat Simeulue. Apalagi Simeulue secara geografis jauh dari daratan Sumatera, sehingga bidang Kesehatan harus diperhatikan.

“Simeilue itu jauh, diperjalanan kerap terkendala ketika ada pasien dirujuk ke daratan Sumatera (misalnya ke Banda Aceh atau ke Medan) maka berisiko untuk pasien. Oleh karena itu perlu rumah sakit yang representatif dan lengkap, sehingga masyarakat dapat terlayani,” kata Hj. Suwarni yang kini menjabat ketua Himpunan Masyarakat Simeulue (HIMAS) Banda Aceh itu.

Dikatakannya, salah satu gagasan yang ingin diterapkannya adalah menguatkan Rumah Sakit (RS) Simeulue dengan penambahan dolter spesialis dan penguatan fasilitas di RS, sehingga tidak banyak pasien dirujuk ke daratan Sumatera.

Disamping itu, pelayanan inklusif perempuan diperkuat. Kelompok anak sebagai kelompok rentan memang harus ada perhatian secara bersama-sama. “Terkait stunting, misalnya juga harus diperkuat sejak 1000 hari pertama kehidupan. Para Calon Pengantin (Catin) diperkuat pengetahuannya sehingga tidak melahirkan anak stunting,” kata Alumnus Mahidol University Thailand itu.

Turut hadir mendampingi Hj. Suwarni diantaranya para tokoh-tokoh masyarakat Simeulue baik yang berdomisili di Banda Aceh maupun yang langsung datang dari Simeulule.

Sementara, Ketua DPD Gerindra Aceh yang diwakili wakil ketua DPD Gerindra Aceh, Ir. Maulisman Hanafiah, mengatakan, Gerindra Aceh melakukan penjaringan kepala daerah untuk nantinya ditetapkan sebagai Calon Kepala Daerah yang diusung partai Gerindra.

“Terimakasih kepada ibu Hj. Suwarni sudah mendaftar ke partai gerindra. Jadi, akan dilakukan penjaringan dengan mekanisme tim pejaringan di tingkat partai. Ada survey dan rekomendasi DPP maupun pendapat masyarakat, untuk selanjutnya ditentukan siapa yang akan diusung partai Gerindra,” ujarnya.

Dia berharap, kedepan kabupaten Simeulue menjadi lebih baik. Terkait, pengumuman usungan partai, nantinya akan diumumkan DPP yang dijadwalkan pada bulan Agustus 2024. “Minggu pertama Agustus kita harapkan sudah turun SK dari DPP Gerindra,” kata Maulisman.

Sejumlah pengurus partai Gerindra hadir dalam acara hadir dalam penyampaian visi dan misi Bacalon Bupati Simeulue itu. Tampak hadir, Sembiring Meliala (wakil sekretaris DPW Gerindra), Cut Intan, Sekretaris Gerindra Simeulue, Riswan Panter dan sejumlah pengurus gerindra lainnya. (br)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *