Gandeng DSI, Ikadi Gelar Pelatihan Manajemen Masjid, Ini Tujuannya

Daerah, headline133 Dilihat

BANDA ACEH – Ikadi Aceh Besar bekerja dengan Dinas Syari’at Islam Aceh menggelar Pelatihan Manajemen Masjid untuk BKM se Aceh dengan tema “Penguatan Manajemen Masjid Menuju Mesjid Makmur, Mandiri dan Melayani” selama empat hari, 11-14 Agustus 2023 yang berlangsung di Aula Kumala Hotel, Banda Aceh.

Acara ini dibuka oleh Kepala Dinas Syari’at Islam Aceh, Dr. EMK Alidar, S.Ag. M.Hum. Dalam kesempatan tersebut, pak kadis DSI menyampaikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Harus diakui bahwa kegiatan pelatihan dalam mengelolaan masjid masih belum banyak dilaksanakan. Padahal dalam era yang semakin modern pengelolaan masjid menjadi salah satu kunci kesuksesan proses dakwah kepada umat.”ujarnya.

Dalam banyaknya literasi, ungkap Alidar, sejak dahulu, masjid adalah pusat peradaban, pendidikan, bahkan menjadi media paling efektif dalam proses mencari solusi atas berbagai permasalahan umat dan negara bagi umat Islam.

“Seiring perjalanan waktu, azas manfaat masjid tersebut mulai sedikit berkurang, hal ini di karenakan sudah mulai bergesernya pola pemikiran umat Islam yang telah menjadi media lain sebagai pengganti dari peran masjid.”ucapnya.

Alidar menambahkan, sudah saatnya pola pengelolaan masjid harus dirubah menjadi pola pengelolaan yang efektif dan tepat sasaran, sehingga masjid senantiasa menjadi tujuan referensi utama bagi umat Islam untuk beribadah menuntut ilmu, sekaligus juga menjadi sarana bermusyawarah guna menyelesaikan berbagai permasalahan yang di hadapi umat Islam.

“Melalui pelaksanaan kegiatan pelatihan manajemen masjid bagi BKM ini. Dinas syariat Islam Aceh berharap akan semakin banyak para takmir masjid yang memiliki wawasan dan kemampuan manajerial yang baik dalam proses pengelolaan masjid.” Katanya.

Ia juga mengajak, kepada para takmir masjid di Aceh agar dalam pengelolaan Masjid senantiasa berorientasi kepada umat secara utuh.

Kepala Bidang Peribadatan, Syiar Islam dan Pengembangan Sarana Keagamaan Dinas Syariat Islam Aceh, Bapak Zulkifli, S.Pd,. M.Pd. menyampaikan “Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kapasitas dan kualitas BKM dalam pengelolaan masjid di Aceh.

“Ketua Ikadi Aceh Besar dalam sambutannya mengatakan IKADI merasa terhormat karena diamanahkan untuk melaksanakan kegiatan ini di kota Banda Aceh, sebelumnya kegiatan pelatihan ini juga telah dilaksanakan di sigli.” amanah dari Dinas Syariat Islam. Target kita bisa mengupgrad para pengurus BKM Masjid se Aceh, karena Keberadaan masjid di tengah masyarakat memiliki makna strategis untuk meningkatkan spiritual, pendidikan dan sosial ekonomi masyarakat,” jelasnya.

Pelatihan ini diikuti 50 peserta se Aceh. Selama pelatihan peserta mendapatkan pemahaman service excellent kepada jamaah, strategi pemberdayaan masjid, manajemen pengelolaan masjid, peran BKM dalam memakmurkan masjid sekaligus sebagai pusat ekonomi serta masjid dari sudut pandang wakaf,”Ungkapnya.

Hadir pada kesempatan tersebut Kadis Syari’at Islam Aceh, Dr. EMK Alidar, S.Ag. M.Hum. Kepala Bidang Peribadatan, Syiar Islam dan Pengembangan Sarana Keagamaan Dinas Syariat Islam Aceh, Bapak Zulkifli, S.Pd,. M.Pd. Ketua Ikadi Aceh Besar Tgk. H. Afrial Hidayat, Lc, MA. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *