Aceh Besar Juara 1 Aceh Fashion Festival PKA 8

Daerah, headline106 Dilihat

ACEH BESAR – Perhelatan Pekan Kebudayaan Aceh (PKA) ke-8 dihiasi berbagai macam kegiatan salah satunya Aceh Fashion Festival 2023 atau festival busana, pada kesempatan itu, Kabupaten Aceh Besar berhasil meraih juara I Aceh Fashion Festival tahun 2023 yang digelar di Amel Convention Hotel, Ulee lhee, Kamis (9/11/2023).

Peserta Aceh Fashion Festival 2023 menampilkan presentasi dan runway lomba busana tradisi yang di ikuti oleh 23 Kabupaten/kota di Provinsi Aceh, Aceh Besar berhasil merai nilai 495 dan ditetapkan sebagai sang jawara oleh dewan juri yang terdiri dari Yeni maulidar SH, Hermansyah MTH MHum, Nana Havizar dan Herawati sanusi.

Diurutan kedua ada Kota lhokseumawe yang meraih nilai 493,5, diurutan ketiga Kabupaten Bener meriah dengan perolehan nilai 492, Kota Sabang menjadi juara harapan I dengan total nilai 451, disusul Aceh Tengah sebagai juara harapan 2 dengan nilai 449,5, Kota Langsa mendapat titel dengan Make Up terbaik dan Kababupaten Bireun didapuk sebagai penyajian dan peragaan terbaik dab Kabupaten Abdya keluar sebagai juara favorit.

Kabupaten Aceh Besar tampil dengan nomor urut 9 menampilkan busana tradisi adat dari Aceh Besar dengan khas warna Merah, Kuning, Hijau.

“Pakaian dari peserta Aceh Besar semuanya dibuat dari tangan tanpa adanya bantuan mesin alias handmade” ungkap Teuku Raden Sulaiman atau yang akrab disapa Ampon, penanggung jawab lomba Aceh Fashion Festival PKA 8.

Ia menuturkan, presentasi dan runway lomba busana kreasi diikuti 10 peserta peragaan serta dihadiri 18 desainer sedangkan presentasi dan runway lomba busana inovasi diikuti 10 peserta peragaan  desainer terdiri dari 3 orang desainer.

“Semua jenis aksesoris yang ada pada busana memiliki makna atau nilai sejarahnya,” terangnya singkat.

Pasangan model pada Aceh Fashion Festival 2023 Runway Busana Tradisi yaitu Ulya Munawarah dan Ghufran menampilkan Runway selama tiga menit dengan presentasi satu menit. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *