Studi: Kebugaran Tubuh Bantu Lindungi Anda dari Sembilan Jenis Kanker

Gaya Hidup, headline120 Dilihat

GAYA HIDUP – Menjaga kebugaran tubuh dapat membantu melindungi seseorang dari sembilan jenis kanker. Seseorang dapat meningkatkan kebugaran dengan berjalan cepat, jogging, bersepeda, berenang, dan bahkan menaiki tangga secara teratur.

Sebuah studi mengungkap dalam kasus terbaik, risiko kanker paru-paru pada orang yang bugar adalah 42 persen lebih rendah daripada orang yang tidak sehat. Hasil studi ini semakin mempertegas pentingnya aktivitas fisik.

“Penelitian ini menunjukkan bahwa tingkat kebugaran yang lebih tinggi pada pria muda yang sehat dikaitkan dengan risiko yang lebih rendah terkena 10 dari 18 jenis kanker yang diteliti,” ungkap Dr Aron Onerup dari University of Gothenburg, Swedia.

“Penelitian ini diharapkan bisa memotivasi anak muda untuk meningkatkan kebugaran merekam,” sambungnya dikutip dari laman The Sun, Minggu (21/8/2023).

Peneliti melibatkan satu juta pria di Swedia dalam penelitian ini. Mereka memeriksakan kesehatan para peserta selama wajib militer antara tahun 1968 hingga 2005 dan kemudian dilacak selama rata-rata 33 tahun.

“Individu dengan kebugaran yang rendah, sedikit lebih mungkin mengalami obesitas, kecanduan alkohol, hingga menyalahgunakan obat-obatan terlarang,” tuturnya

Layanan Kesehatan Nasional Inggris (NHS) mengungkapkan bahwa orang dewasa harus melakukan 150 menit olahraga ringan setiap pekan, sementara anak-anak harus melakukan satu jam aktivitas per hari.

Hal ini dapat mengurangi risiko kanker dengan menjaga berat badan yang sehat, menyeimbangkan kadar hormon, mengontrol tekanan darah dan gula, serta memperkuat sistem kekebalan tubuh.

Selain itu, penelitian lain ini menunjukkan bahwa berdiri dan bergerak setiap 30 menit, bahkan jika itu hanya mengambil 15 langkah, akan mengaktifkan perubahan metabolisme yang meningkatkan kontrol gula darah dan kadar kolesterol. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *