Satgas PPS Aceh Ikuti Bimtek 8 Aksi Konvergensi Percepatan Penurunan Stunting

Daerah, headline118 Dilihat

BANDA ACEH – Satuan Tugas Percepatan Penurunan Stunting (PPS) Provinsi Aceh mengikuti Bimbimgan Teknis (Bimtek) 8 aksi konvergensi PPS di Banda Aceh, Selasa (22/8/2023).

Wakil Ketua Tim Percepatan Penurunan Stunting (TPPS) Provinsi Aceh diwakili Kepala Biro Keistimewaan Aceh dan Kesra Setda Aceh Dr.Drs. Yusrizal, M.Si membuka kegiatan Bimtek ini yang diikuti 22 Satgas Percepatan Penurunan Stunting Provinsi serta Kabupaten Kota.

Peserta bimtek terdiri dari Koordinator Program Manager, Manager Bidang Program dan Kegiatan, Manager Bidang Data, Pemantauan dan Evaluasi, 3 orang Office Asisten serta 22 Technical Assistant Satgas Kabupaten/Kota.

Adapun kegiatan ini, bertujuan untuk melihat Proggres dan melakukan review atas inputan 8 Aksi Konvergensi untuk Provinsi Aceh Semester 1 Tahun 2023, melakukan analisis terhadap hasil inputan dan menemu kenali kendala dalam proses inputan dan menyepakati strategi penyusunan laporan selanjutnya.

Selain itu, juga bertujuan untuk meningkatkan kompetensi /kapasitas Satgas PPS Aceh dalam pendampingan penyusunan 8 Aksi Konvergensi di Tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota di Aceh.

Kegiatan ini juga dihadiri Ketua Pokja PEA 001 dan UEA 001 Bidang Advokasi, Pergerakan dan Informasi Kantor Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh, Drs. Saflawi TR, MM serta Ubiet Junita Sari Kasubag Kesra Setda Aceh.

Dalam sambutannya, Saflawi berharap Satgas PPS mampu membantu dan medampingi TPPS di wilayah masing-masing dalam inputan 8 Aksi ini dengan baik. Dia mengucapkan terima kasih kepada tim Leader Regional 1 atas kesempatan ini dan telah memberikan waktu dan berbagi pengalaman terkait dengan 8 Aksi Konvergensi.

“Sehingga keberadaan Aceh yang saat ini berada pada 5 posisi paling bawah dapat menjadi posisi paling tidak 5 paling atas,” harapnya.

Sementara itu, Dr. Drs. Yusrizal M.Si saat membuka kegiatan ini menyampaikan satu penekanan bahwa salah satu bentuk dukungan upaya percepatan penurunan stunting adalah dengan melakukan koordinasi dan bekerjasama.

Dia juga menekankan pentingnya penyusunan perencanaan yang baik.
Selain itu, Yusrizal mengharapkan, paska kegiatan ini satgas PPS sebagai satu komponen pendukung dalam Percepatan Penurunan stunting dapat benar-benar menjalankan tugasnya dengan baik seperti melakukan koordinasi yang intensif dan efektif.

“Juga laksanakan fasilitasi dan konsultasi penyelenggaraan PPS termasuk didalamnya memastikan dan memonitoring pelaksnaan 8 Aksi Konvergensi dan beberapa tugas lainnya,” ujarnya.

Kegiatan ini dilaksanakan di Aula Potensi 2 Gedung A Lantai 3 Kantor Gubernur Provinsi Aceh selama satu hari penuh dengan narasumber diantaranya Team Leader Regional 1 INEY LGCB ASR Ditjen Bina Bangda Kemendagri Gayuh Tri Upayani, SP, MM.

Selanjutnya, TA MIDS Regional 1 INEY LGCB ASR Ditjen Bina Bangda Kemendagri Rizal Effendi dengan materi Proggres Aceh tahun 2023 (Progres dan Review 8 Aksi Konvergensi), Pembahasan 8 AksiK onvergensi dan Mekanisme Pelaporan aksi 1 – 8 ke dalam web Bangda.

Selain itu, juga menyampaikan materi terkait Mekanisme Penginputan 8 Aksi dan rencana kerja yang akan dilakukan oleh masing-masing TA Kabupaten/ Kota dalam melakukan pendampingan kepada TPPS dan unsur lainnya yang terlibat dalam upaya Percepatan Penurunan Stunting.

Kegiatan ini di selenggarakan oleh Perwakilan BKKBN Provinsi Aceh di dukung Pemerintah Aceh melalui Biro Isra dan Ditjen Bina Bangda Kemendagri. (Rill/CR).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *