Rutin Gelar Donor Darah, PMI Banda Aceh Beri Penghargaan untuk PT Solusi Bangun Andalas

Daerah104 Dilihat

BANDA ACEH – PMI Kota Banda Aceh memberikan piagam penghargaan kepada PT Solusi Bangun Andalas atas kerjasama dan komitmen perusahaan semen tersebut dalam menyelenggarakan kegiatan donor darah sukarela secara rutin setiap dua bulan.

Piagam penghargaan diserahkan langsung oleh Kabid Penanggulangan Bencana PMI Kota Banda Aceh, Boy Firdaus kepada Plant General Manager PT Solusi Bangun Andalas, Mochamad Anwar Bakti, MBA, di lingkungan PT Solusi Bangun Andalas, pada Jumat, 15 Desember 2023.

Boy Firdaus mengatakan, PT Solusi Bangun Andalas sudah rutin menyelenggarakan kegiatan donor darah sukarela bersama PMI Kota Banda Aceh sejak sebelum pandemi Covid-19. Ia sangat mengapresiasi komitmen perusahaan dalam kegiatan donor darah ini.

“Kami berterima kasih kepada PT SBA yang sudah komit dan konsisten. Ini bukti kepedulian perusahaan terhadap masyarakat Aceh,” ujar Boy Firdaus usai menyerahkan piagam penghargaan.

Ia berharap, perusahaan lain di Banda Aceh dan sekitarnya juga melakukan kegiatan donor darah secara rutin dalam rangka membantu pemenuhan kebutuhan darah bagi para pasien di rumah sakit yang membutuhkan transfusi darah.

Ia mengatakan, donor darah tidak hanya bermanfaat bagi pasien yang membutuhkan, namun juga bagi kesehatan pendonor pribadi.

Ia menyebutkan, perusahaan BUMN, BUMD, pihak swasta, pemerintah, TNI-Polri, serta komunitas dan LSM saat ini menjadi mitra strategis PMI Kota Banda Aceh dalam menyelenggarakan kegiatan donor darah.

Plant General Manager PT Solusi Bangun Andalas, Mochamad Anwar Bakti mengatakan, perusahaan yang dipimpinnya rutin menyelenggarakan kegiatan donor darah sebagai bentuk komitmen dan bentuk kehadiran PT SBA dalam bidang kemanusiaan bagi masyarakat Aceh.

Lanjutnya, donasi darah bisa diberikan oleh siapa saja dan ini dibutuhkan oleh pasien di rumah sakit.

“Kita tahu bahwa ada banyak orang yang membutuhkan darah setiap harinya di rumah sakit. Karena itu, mudah-mudahan kegiatan donor darah ini bisa membantu masyarakat yang membutuhkan darah,” ujarnya.

Kegiatan donor darah di PT SBA tadi pagi berhasil mengumpulkan darah sebanyak 60 kantong. Kegiatan donor darah yang digelar bertepatan dengan Safety Gate Meeting ini diikuti oleh karyawan dan mitra PT SBA yang dilakukan setiap bulan nya dalam rangka penguatan komitmen Keselamatan dan Kesehatan Kerja bagi seluruh pekerja.

Penanggung Jawab Klinik Kesehatan Kerja PT Solusi Bangun Andalas, dr. Sufri Halwi, M.Kes. mengatakan, dalam menyukseskan kegiatan donor darah, seminggu sebelum kegiatan dilangsungkan pihaknya akan menghimbau kepada semua karyawan dan pekerja untuk menjaga kesehatan agar bisa ikut donor darah.

“Kita himbau agar untuk jaga kesehatan, cukup tidur, jaga asupan makanan, dan lainnya. Di hari H kita juga berikan poding untuk pendonor di samping menu dari PMI,” ujar dr. Sufri

Ia berharap, kegiatan donor darah yang dilakukan PT SBA bisa berjalan lancar dan banyak karyawan dan mitra yang berhasil mendonorkan darahnya, dimana sepanjang tahun 2023, PT SBA berhasil mengumpulkan 250 lebih kantong darah melalui PMI Kota Banda Aceh yang turun langsung ke PT SBA di Lhoknga.

Diketahui, PT SBA merupakan pabrik terpadu yang memproduksi semen dengan merk andalannya, yaitu Semen Andalas. Sejak 2021, perusahaan ini mendapatkan penghargaan PROPER Hijau dari Kementerian LHK RI.

Selain itu, PT SBA juga mendapatkan penghargaan Industri Hijau kategori Kinerja Terbaik dari Kemenperin, serta menjadi Kandidat Proper Emas pada periode tahun 2023 ini. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *