Riset: Hobi Gen Z Membuat Konten Olahraga Bukan untuk “Flexing”

Gaya Hidup, headline182 Dilihat

GAYA HIDUP – Sebuah riset terbaru menunjukkan bahwa generasi Z di Indonesia gemar membuat konten olahraga dan membagikannya di media sosial. Namun, kegiatan ini bukan semata-mata untuk pamer atau “flexing”.

Mereka melakukannya karena sifat khas generasi Z yang merupakan digital native dan suka menginspirasi orang lain.

Riset yang dilakukan oleh Kantar Indonesia berjudul “360: GenZ Data” melibatkan 4.000 responden dari berbagai generasi, termasuk 1.200 responden Gen Z di lebih dari 40 kota di Indonesia.

“Motivasi utama mereka memposting konten olahraga di media sosial adalah untuk menginspirasi orang lain. Mereka awalnya terinspirasi dari postingan teman-temannya dan ingin ikut menginspirasi lewat olahraga. Ini patut diapresiasi,” kata Director of Kantar Indonesia Dwi Anggraeni di Jakarta, Kamis.

Riset tersebut mengungkap bahwa 64 persen generasi Z selalu mengunggah konten tentang kegiatan sehari-hari mereka, termasuk hobi olahraga. Secara lebih rinci, 80 persen Gen Z menganggap kesehatan dan kebugaran tubuh sebagai makna kebahagiaan dalam hidup mereka.

Generasi Z juga lebih aktif dalam menjaga kebugaran tubuh, dengan hasil 1,8 kali lebih baik dibandingkan generasi milenial dan X. Mereka memiliki minat lebih besar terhadap olahraga luar ruangan seperti futsal, sepak bola, dan basket, yaitu 1,9 kali lebih besar dibandingkan generasi X.

Selain itu, mereka juga menyukai olahraga dalam ruangan seperti yoga dan pilates, dengan minat 2,3 kali lebih besar dibandingkan generasi X.

Selain menginspirasi, alasan lain Gen Z mengunggah konten olahraga adalah untuk mendokumentasikan setiap pencapaian baru mereka.

“Ada responden yang mengatakan bahwa dia bisa mengingat kapan pertama kali berhasil berlari 5K, 10K, dan maraton karena postingan media sosialnya. Konten-konten ini sangat berpengaruh dan memotivasi mereka,” ujar Dwi.

Kebiasaan mengunggah konten olahraga juga didorong oleh dukungan yang mereka terima dari pengikut mereka, yang membuat mereka lebih semangat menjaga kebugaran dan merasa terhubung dengan komunitas yang memiliki minat yang sama.

TikTok adalah salah satu platform yang mencatat antusiasme Gen Z terhadap olahraga. Head of Brand Partnership TikTok Indonesia, Haswar Hafid, menyebutkan bahwa kata kunci #olahraga di konten TikTok di Indonesia telah mencapai satu juta dengan 11 miliar kali penayangan.

Untuk konten lari, ada empat juta kata kunci #running dengan total penayangan 39 miliar kali.

Haswar menambahkan bahwa banyak konten olahraga di TikTok yang memberikan motivasi, sehingga platform tersebut menjadi tempat yang positif untuk mendukung komunitas pecinta olahraga.

Ia juga melihat meningkatnya konten olahraga sejalan dengan kesadaran generasi muda akan pentingnya gaya hidup sehat.

“Tren konten meningkat seiring dengan semakin banyak yang sadar bahwa gaya hidup sehat itu penting,” kata Haswar. ***

 

Sumber: Antaranews.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *