PKB Aceh Bekali Saksi Pemilu dengan Pendidikan Politik

headline, Politik186 Dilihat

BANDA ACEH – Dewan Pengurus Wilayah (DPW) Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Aceh menggelar pendidikan politik untuk Lembaga Saksi Pemenangan (LSP) DPC PKB se-Aceh di Hotel Saka, Medan, pada 17-19 November 2023.

Kegiatan ini bertujuan untuk mempersiapkan saksi-saksi partai dalam menghadapi Pemilihan Legislatif (Pileg) dan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024.

Sekretaris DPW PKB Aceh Munawar AR mengatakan, pendidikan politik dan pembekalan saksi tersebut dilaksanakan mengingat pelaksanaan Pilpres dan Pileg sudah semakin mendekat.

“Kegiatan ini kami laksanakan untuk membekali DPC PKB se-Aceh terkait dengan kesiapan saksi di TPS, mengingat pelaksanaan pemilu hanya tinggal tiga bulan lagi. Kami harus bergerak cepat untuk mempersiapkan diri tentunya,” kata Munawar AR yang akrab disapa Ngohwan itu, Kamis (18/11/2023).

Ia menegaskan, pentingnya saksi dalam Pileg dan Pilpres sebagai kunci kemenangan partai. Menurutnya, berdasarkan pengalaman pemilu 2019 yang lalu, ada banyak suara partainya yang hilang karena saksi kurang mendapat pembekalan yang memadai.

“Berdasarkan pengalaman pemilu 2019, kita banyak kecolongan, karena saksi kita di TPS kurang mendapat pembekalan, suara kita banyak yang hilang karena tidak bisa mengawal maksimal,” tegas Ngohwan.

Ketua LSP DPW PKB Aceh Ramadan WR mengatakan, Training of Trainer (ToT) ini dilakukan selama dua hari.

“Rekrutmen saksi pada Pileg 2024 berbasis aplikasi agar memudahkan tabulasi suara dan bisa melihat hasil quick count Pileg sementara,” ujar Ramadan.

Lebih lanjut ia menyampaikan, bahwa koordinator saksi DPC akan menjadi instruktur saksi bagi dapil dan kabupaten masing-masing saat pelatihan saksi nantinya. Hadir sebagai pemateri dalam kegiatan tersebut Sekretaris Direktur LSPN Muhammad Arif Rubai bersama Kurnia Majid dan Maulana Nur. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *