Pj Wali Kota Bersama Kapolresta Banda Aceh Buka Pasar Murah di Taman Ratu Safiatuddin, Ini Tujuannya

Daerah, headline116 Dilihat

BANDA ACEH | Logis.id – Jelang Hari Raya Idul Adha 1444 H, pasar murah kembali hadir di Banda Aceh dan Aceh Besar. Hari ini, Pj Wali Kota Banda Aceh Bakri Siddiq dan Kapolresta Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli di Taman Ratu Safiatuddin, Selasa (13/6/2023), membuka pasar murah dan turut disambut antusias masyarakat.

Tampak warga kota yang mayoritas ibu-ibu mengantre dengan tertib untuk membeli paket sembako yang telah disubsidi tersebut.
Pembukaan pasar murah ini ditandai dengan penyerahan secara simbolis sembako oleh Pj Wali Kota dan Kapolresta didampingi Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan M Nurdin kepada warga pembeli pertama.

“Alhamdulillah, hari ini kita bekerja sama dengan Polresta Banda Aceh kembali menggelar pasar murah di pelataran parkir arena PKA,” ujar Bakri Siddiq di lokasi.

Pasar murah ini, lanjut Bakri menyediakan beberapa bahan pangan pokok murah karena harganya sudah disubsidi.
“Tujuan kita, selain untuk meningkatkan daya beli masyarakat, juga untuk menjaga kestabilan harga sekaligus stok di pasaran sesuai dengan instruksi pemerintah pusat,” ujarnya.

Dikatakannya, pergelaran operasi pasar atau pasar murah secara berkala terus dilakukan pihaknya, terutama menjelang peringatan hari besar dan momen-momen penting, seperti Idul Adha yang sebentar lagi tiba.

“Kami juga berterima kasih kepada Polresta Banda Aceh yang turut menjadi penggagas kegiatan ini dalam rangka Hari Bhayangkara yang ke-77 tahun.”

Pasar murah yang akan digelar di tiga lokasi selama tiga hari ini berturut-turut ini diproyeksikan dapat berkontribusi terhadap pengendalian inflasi daerah.

“Seperti kita ketahui, dalam beberapa bulan ini di kota kita mengalami tren penurunan. Bahkan berdasarkan data BPS Mei 2023, inflasi Year on Year (YoY) Banda Aceh tercatat di bawah rata-rata nasional, yakni di angka 3,41 persen,” ujarnya.

Tak lupa, pada kesempatan ini Pj Wali Kota mengucapkan Selamat Hari Bhayangkara yang ke-77 tahun. Ia berharap kolaborasi antara Pemerintah, Polri, dan unsur forkopimda lainnya dapat terus terjalin ke depan.

“Polri presisi untuk negeri pemilu damai demi menuju Indonesia Emas,” kata Bakri.

Sementara itu, Kapolresta Banda Aceh Kombes Pol Fahmi Irwan Ramli menyampaikan apresiasi kepada Pemko dan Pj Wali Kota yang telah ikut mendukung kegiatan pasar murah dalam rangka HUT Bhayangkara 77 tersebut.

“Bertepataan dengan Hari Bhayangkara ini, kami mencoba ikut membantu masyarakat untuk memenuhi kebutuhan barang pokok. Karena itu kami bekerjasama dengan pemko menghadirkan komiditi-komoditi murah yang telah disubsidi pemerintah,” katanya.

Ia pun bertekad, pihaknya dapat terus berkontribusi membantu masyarakat kota dan ikut serta dalam upaya pengendalian inflasi daerah.

Selain di Banda Aceh, Polresta Banda Aceh juga bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Aceh Besar yang akan menggelar pasar murah di lima titik dalam lima kecamatan dalam wilayah hukum Polresta Banda Aceh, pungkas nya.

Informasi dari Kadis Koperasi, UKM dan Perdagangan M Nurdin, pasar murah tersebut merupakan hasil kerja sama Pemko bersama Polresta dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Aceh dan Perum Bulog Divre Banda Aceh

Katanya, selama pasar murah berlangsung warga Banda Aceh berkesempatan membelanjakan uangnya untuk membeli lima komoditi dengan harga terjangkau.

Beras premium dapat dibeli dengan harga Rp 80 ribu saja per sak isi 10 kg. Kemudian telur per papannya hanya Rp 44 ribu. Harga gula Rp 20 ribu untuk 2 kg, minyak goreng 2 liter Rp 30 ribu, dan tepung kemasan 1 kg dapat dibeli dengan harga Rp 10 ribu.
“Untuk lima komoditi itu dapat dibeli dengan Rp184 ribu saja,” kata M Nurdin.

Selain di Halaman Ratu Safiatuddin, pasar murah juga akan digelar di lokasi lain. Jadwalnya besok Rabu (14 Juni 2023) di halaman Kantor Camat Baiturrahman. Kemudian Kamis (15 Juni 2023) dilaksanakan lagi di halaman Masjid Baitussalihin Ulee Kareng.

Hari Selasa 20 Juni 2023 akan dilaksanakan kembali Pasar murah di Kantor Keuchik Cot Lamkuweuh dan pada hari Rabu (21 Juni 2023) bertempat di Kantor Diskopukpdag Banda Aceh. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *