Pj Bupati Aceh Besar Kembali Pimpin Aksi 1 Jam Memungu Sampah dan Tanam Pohon di Ponpes Oemar Diyan

Daerah, headline70 Dilihat

ACEH BESAR  – Penjabat (Pj) Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP, MM kembali memimpin aksi satu jam memungut sampah dan menanam pohon dalam rangka “World Cleanup Day (Gerakan aksi bersih serentak di 119 Negara)”, yang dilakukan di Pondok Pesantren (Ponpes) Modern Tgk. Chiek Oemar Diyan Indrapuri, Aceh Besar, Sabtu (23/9/2023).

Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto saat apel mengatakan, aksi memungut sampah ini juga dilakukan beriringan dengan kegiatan aksi bersih-bersih serentak yang dilaksanakan di 119 Negara Dunia.

“Aksi hari ini dalam rangka World Cleanup Day, namun kita Aceh Besar kegiatan satu jam memungut sampah ini sudah kita lakukan hampir setahun di setiap Hari Sabtu atau Minggu,” ungkapnya.

Selanjutnya Iswanto mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Aceh Besar sebelumnya telah melakukan aksi satu jam memungut sampah di lokasi objek wisata bahari dan wisata alam, termasuk untuk kebersihan mushalla dan fasiltas MCK serta lingkungan loksi pariwisata secara umum.

“Namun seiring berjalannya waktu, kegiatan aksi satu jam memungut sampah itu mulai kita geser secara perlahan di fasilyas publik berupa pasar, mushalla hingga masjid, seperti pada hari ini kita melanjutkannya di Pesantren Oemar Diyan, dan menjadi pesantren pertama yang kita lakukan aksi satu jam memungut sampah,” ucap Iswanto didampingi Pimpinan Ponpes Tgk Chik Oemar Diyan, Ustad Fakhruddin Lahmudin.

Iswanto kembali mengatakan bahwa kegiatan aksi satu jam pungut sampah yang dilakukan hari ini berbeda dengan biasanya yang dilakukan di pantai, pasar dan Masjid, di Ponpes Oemar Diyan, tidak hanya memungut sampah, tapi juga melakukan penanaman pohon.

“Penanaman pohon atau penghijauan sangat perlu dilakukan, karena pada saat ini alam sudah tidak terjaga, dikarenakan banyak terjadi penebangan dimana-mana, yang nebang banyak, namun yang menanam kembali sangat kurang, jadi untuk ke depannya setiap aksi satu jam pungut sampah, kita akan upayakan berbarengan dengan penanaman pohon,” imbuhnya.

Pada saat apel tersebut Iswanto juga menyinggung galian C, menurutnya penebangan dan galian C yang dilakukan hari ini disebabkan adanya pembangunan di Ibukota Provinsi Aceh, dan pembangunan tersebut menurutnya akan berdampak pada kondisi alam di daerah penebangan dan galian C tersebut.

“Hari ini banyak pembangunan yang dilakukan di Ibukota, namun materialnya di ambil di Aceh Besar, memang mereka sudah meminta dan mendapatkan izin untuk mengeksploitasi hasil alam dan galian C yang sebagian besar produk galian yang diambil tersebut dibawa ke ibukota propinsi. Ironinya, tidak ada pembaharuan kembali, daerah kita yang dulunya sejuk dan asri, namun pada hari ini kita merasakan hawa panas, seharusnya mereka memperbaharuinya kembali seperti melakukan kembali penanamannya setelah dilakukan penebangan,” harapnya.

Sementara itu pimpinan Pondok Pesantren Modern Tgk. Chiek Oemar Diyan Ustad Fakhruddin dalam sambutan apel tersebut mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Aceh Besar yang telah memilih pesantren Tgk Chik Oemar Diyan sebagai objek aksi satu jam pungut sampah dan penanaman pohon.

“Kami mengucapkan terimakasih kepada Pemkab Aceh Besar yang telah memilih Oemar Diyan sebagai aksi satu jam pungut sampah di dayah kami. Di Aceh Besar ini sangat banyak pesantren-pesantren dan dayah-dayah untuk mnjadi sasaran aksi satu jam memungut sampah. Sekali lagi kami ucapkan apresiasinya dan terimakasih,” pungkasnya.

Kegiatan aksi satu jam pungut sampah itu juga dihadiri Kadisparpora Aceh Besar Abdullah SSos yang mrenjadi sebagai Koordinator Aksi Sau Jam Memungu Sampah, Kadisperindag, DLH, DKP, Satpol PP & WH, Bappeda, Kabag Prokopim Aceh Besar, camat dan Forkopimcam Indrapuri serta para santri Ponpes Modern Tgk. Chiek Oemar Diyan Indrapuri. (**)

Ket Foto : Pj Bupati Aceh Besar Muhammad Iswanto S.STP, MM memimpin apel pada World Cleanup Day atau Aksi satu jam pungut sampah dan penanaman pohon di Pondok Pesantren Modern Tgk. Chiek Oemar Diyan Indrapuri, Sabtu (23/9/2023). (FOTO/ MC ACEH BESAR.)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *