Mengenal Ciptaan Tuhan Melalui Tadabur Alam

News281 Dilihat

BLANGPIDIE-Para santriwan dan santriwati Pesantren Darul Arqam, Kampung Hulu, Kecamatan Labuhan Haji, Kabupaten Aceh Selatan, Minggu (2/4/2023) melaksanakan kegiatan Tadabur Alam, ke kawasan Daerah Aliran Sungai (DAS) Krueng Baru, yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya). Kegiatan itu dalam upaya merenungi dan menghayati segala seuatu yang sudah diciptakan Allah SWT, baik yang ada di langit, maupun yang ada dibumi.

Pimpinan Pesantren Darul Arqam, Kiyai Nyakhdan, mengatakan Tadabur Alam ke lokasi DAS Krueng Baru diikuti sebanyak 153 santriwan dan santriwati yang mengikuti Mukhayyam Alquran angkatan ke 3 di Pesantren Darul Arqam. Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan, agar santriwan dan santriwati khususnya lebih mengenal alam, lebih dekat dengan alam. Sehingga bisa menjaga dan melestarikan keberadaannya.

Disamping itu, tujuan utama dari kegiatan Tadabur Alam itu, agar para peserta lebih mengenal sang pencipta dan ciptaanNya. Dengan demikian, sebagai hamba tentu lebih mengangungkan kekuasaanNya. Di kegiatan Tadabur Alam tersebut, Darul Arqam melibatkan semua ustaz dan ustazah yang mengajar di pesantren itu, untuk mendampingi langsung para santriwan dan santriwati di lokasi.

“Di lokasi, para peserta diajak mengkaji beberapa ciptaan Allah SWT, juga kajian tentang manfaat, mudharat, hubungan timbal balik, beserta dalil-dalil pendukung. Disesi penutup, Tadabur Alam hari itu diisi tausiah yang disampaikan oleh Ustaz Fauzan LC, alumni Yaman yang sengaja kami undang, dalam memperbanyak ilmu para santriwan dan santriwati di lokasi tadabuur alam,” pungkasnya.(ag)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *