Lanjutkan Program JDM, Kejati Aceh Kunjungi 3 Dayah di Aceh

Daerah, headline138 Dilihat

BANDA ACEH – Dalam rangka pengenalan Hukum, Edukasi, dan Inklusi Keuangan di setiap dayah di Provinsi Aceh, Kejaksaan Tinggi (Kejati) Aceh bekerja sama dengan Dinas Dayah Aceh dan Bank Aceh Syariah telah melaksanakan Program Jaksa Masuk Dayah (JMD) di 3 dayah di wilayah Provinsi Aceh pada Jumat, 06 Oktober 2023.

Adapun Dayah pada kali ini yang masuk dalam program JDM adalah Dayah Bustanul Arifin Putra Balee Aru Kabupaten Bener Meriah, Dayah Modern Al-Muslimun Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara, dan Dayah Darul Ulum Matang Neuheun Kabupaten Aceh Timur menjadi sasaran dari program ini.

Program Jaksa Masuk Dayah bertujuan untuk mengenalkan tugas dan fungsi kejaksaan, memberikan pemahaman tentang hukum, narkotika, ITE, serta inklusi keuangan kepada santriwan dan santriwati setiap dayah, sesuai dengan tema “Kenali Hukum, Jauhi Hukuman.” Dalam program ini, narasumber utama adalah Kasipenkum Kejati Aceh, Ali Rasab Lubis SH, dan materi dari Bank Aceh disampaikan oleh Kasi Funding Bank Aceh Cabang Bener Meriah, Aceh Utara, dan Aceh Timur.

Ali Rasab Lubis menyatakan bahwa kegiatan ini bertujuan memberikan pemahaman awal kepada santri tentang hukum, apa yang diperbolehkan dan dilarang oleh hukum, serta sanksi yang mungkin diberikan. Hal ini penting untuk mencegah santri terlibat dalam masalah hukum yang seharusnya dapat dihindari. Selain itu, Ali menekankan pentingnya pencegahan ini berlanjut dan mencerminkan prinsip “kenali hukum, jauhi hukuman.”

Tgk Arafit, Pimpinan Dayah Bustanul Arifin Putra Kabupaten Bener Meriah, menyambut baik kunjungan Tim Jaksa Masuk Dayah dan berharap santri dapat menyerap ilmu ini untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari, baik di dalam dayah maupun saat kembali ke kampung halaman mereka. Mereka juga diharapkan dapat menjadi pelopor penegak hukum di mana pun mereka berada.

Pimpinan Dayah Al-Muslimun Lhoksukon, Tgk Usman S.T, M.Eng, Ph.D, mengucapkan terima kasih kepada Kejaksaan Tinggi dan Tim JMD atas kunjungan mereka ke dayah ini di Kabupaten Aceh Utara. Dia mengharapkan agar para santri dan dewan guru dapat menyerap ilmu yang disampaikan oleh narasumber dari Kejati Aceh dan Bank Aceh.

Tgk Usman menekankan pentingnya partisipasi aktif dalam kuliah umum ini dan mengajak mereka untuk bertanya kepada narasumber yang memiliki pengetahuan di bidang masing-masing.

Tgk Abdullah dari Dayah Darul Ulum Matang Neuheun Aceh Timur juga merasa tersanjung atas kunjungan Kejati Aceh dalam rangka JMD. Dia berharap kegiatan serupa dapat lebih sering dilakukan di daerah mereka dan memberikan pemahaman tentang hukum dan tugas pokok Jaksa.

Dia juga berterima kasih kepada Bank Aceh Idi atas materi yang diberikan tentang perbankan dan inklusi keuangan. Ribuan santri dari 3 Kabupaten mengikuti dengan penuh perhatian semua materi yang disampaikan oleh Tim Jaksa Masuk Dayah. (CR)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *