Kapolda Aceh beserta Ketua Bhayangkari Hadiri Syukuran HUT Ke-75 Polwan di Banda Aceh

Daerah, headline61 Dilihat

BANDA ACEH – Kapolda Aceh Irjen Ahmad Haydar beserta Ketua Bhayangkari Ny. Sissy Ahmad Haydar menghadiri syukuran hari ulang tahun (HUT) ke-75 polisi wanita atau Polwan di Auditorium UIN Ar-Raniry Banda Aceh, Selasa, 5 September 2023.

“Burung merpati burung nuri, berkicau indah saat pagi hari, salam untuk polwan negeri ini, terima kasih sudah mengabdi.” Begitulah salah satu pantun dari Kapolda Aceh sebelum memulai sambutan HUT ke-75 Polwan.

Selanjutnya, Ahmad Haydar mengatakan, tercatat dalam sejarah bahwa polwan menjadi bagian dari Polri sejak 1 September 1948, di Bukit Tinggi Sumatera Barat. Artinya sudah 75 tahun Polwan mewarnai pengabdiannya kepada Polri.

Di usia yang tidak lagi muda ini, tersimpan sejarah hidup yang sarat dengan pengalaman, sehingga eksistensi Polwan dalam berbagai bidang penugasan telah menunjukan prestasi yang membanggakan.

Di samping itu, Ahmad Haydar mengingatkan, di zaman berbasis teknologi ini, agar seluruh polwan lebih bijak dan beretika saat bertindak, terutama dalam menggunakan media sosial (medsos).

“Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam ber-medsos, di antaranya penghinaan, pencemaran nama baik, melanggar kesusilaan, dan menyebar berita bohong, sehingga banyak pihak yang dirugikan. Oleh karena itu, jadikan medsos sebagai media untuk berkreativitas dan mengasah kemampuan berinteraksi dan berkomunikasi,” pesan Ahmad Haydar.

Mantan Kapuslabfor Polri itu juga menyampaikan, mengingat Polwan merupakan cerminan dari institusi Polri, maka setiap kegiatan atau rutinitas sehari-hari agar diisi dengan kegiatan yang bisa mengangkat nama baik institusi.

Karena, selain sebagai polisi, Polwan juga memiliki peran penting di dalam keluarga, yakni sebagai ibu rumah tangga, sehingga kedua peran itu harus dijalani secara seimbang agar semua bisa berjalan dengan baik.

Polwan juga menjadi salah satu elemen penting dalam mewujudkan institusi Polri yang presisi (prediktif, responsibilitas, dan transparansi berkeadilan).

Oleh karena itu, agar kinerja dan prestasi polwan dapat terus tercapai secara optimal, Ahmad Haydar menautkan dua harapan. Pertama agar Polwan terus mengembangkan diri, baik dari segi pengetahuan maupun keterampilan guna mendukung keberhasilan pelaksanaan tugas.

Harapan kedua agar Polwan terus meraih kesempatan mengikuti pendidikan dan pelatihan secara maksimal, agar polwan dapat terus berkarya serta berprestasi.

Sebelum mengakhiri sambutannya, Ahmad Haydar mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh Polwan Polda Aceh atas pengabdian yang telah diberikan, semangat kebersamaan yang telah dipupuk hendaknya dipertahankan serta ditingkatkan guna menghadapi berbagai tantangan tugas ke depan.

“Semoga di masa mendatang polwan polda aceh dapat terus meningkatkan profesionalitas dan proporsionalitas dalam melaksanakan tugas dan pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara,” ucapnya.

“Hari lebaran makan ketupat lima, ketupat nikmat pakai sari pati, dirgahayu Polwan RI ke-75, teruslah mengabdi dengan hati. Dirgahayu Polwan,” tutup Ahmad Haydar dengan pantun, yang ikuti tepuk tangan seluruh Polwan yang hadir. (rill/cr)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *