Irwasda Polda Aceh Lantik 201 Bintara Remaja Polri, Ini yang Disampaikannya

Daerah, headline133 Dilihat

ACEH BESAR – Irwasda Polda Aceh, Kombes Muhamad Setyobudi Dwiputro melantik 201 bintara remaja Polri saat menjadi inspektur upacara penutupan pendidikan, pelantikan, dan pengambilan sumpah Diktukba Polri gelombang I tahun anggaran 2023 SPN Polda Aceh, Seulawah, Kabupaten Aceh Besar, Kamis, 6 Juli 2023.

Sebelum membacakan amanat Kalemdiklat Polri, Irwasda menyampaikan, bahwa seyogianya Kapolda Aceh Irjen Ahmad Haydar yang hadir menjadi inspektur upacara dan melantik para siswa. Namun, karena Kapolda Aceh ada tugas di luar daerah, maka pelantikan dan penutupan Diktuba Polri tahun 2023 diwakili dirinya.

Kombes Muhamad Setyobudi Dwiputro mengatakan, upacara tersebut merupakan momentum penting sebagai tanda berakhirnya rangkaian pendidikan pembentukan anggota polri.

“Selamat kepada para bintara remaja Polri yang telah berhasil menyelesaikan seluruh rangkaian pendidikan pembentukan selama lima bulan di lembaga pendidikan dengan baik dan hari ini resmi dilantik menjadi anggota Polri dengan menyandang pangkat Brigadir Polisi Dua (Bripda),” kata Muhamad Setyobudi Dwiputro.

Ia menyebut, setelah dilantik hari ini, pada diri bintara remaja telah melekat identitas dan kehormatan profesi serta tugas dan tanggung jawab sebagai bhayangkara negara yang dituntut untuk mampu meng-aktualisasikan sikap, tutur kata, dan perilaku baik dalam kedinasan maupun di luar kedinasan, sehingga mampu menjadi contoh dan teladan bagi masyarakat.

Muhamad Setyobudi Dwiputro juga menyampaikan terkait dinamika politik menjelang Pemilu 2024 yang tahapannya sudah dimulai, di mana akan berpengaruh pada situasi kamtibmas di seluruh wilayah Indonesia, terutama karena makin berkembangnya kejahatan yang juga makin canggih dengan modus dan pola baru.

Dalam kesempatan itu, dia menyampaikan beberapa penekanan kepada para bintara remaja untuk dipedomani dan dilaksanakan dalam berdinas nanti.

Yang pertama, kata dia, agar bintara remaja selalu meningkatkan keimanan dan ketaqwaan kepada tuhan yang maha esa dan memegang teguh serta mengamalkan nilai-nilai tribrata dan catur prasetya dalam setiap langkah pengabdian sebagai insan bhayangkara.

Selanjutnya, bintara remaja juga harus memahami dengan baik serta melaksanakan tugas yang diemban dengan penuh tanggung jawab dan keikhlasan.

“Terus bekali kemampuan dengan belajar, belajar, dan terus belajar. Jaga nama baik serta kehormatan diri, keluarga, dan institusi. Membangun komunikasi positif dengan masyarakat, serta perkuat sinergi dan soliditas dengan rekan-rekan TNI dan pemerintah daerah,” ujarnya.

Di akhir amanat, Muhamad Setyobudi Dwiputro mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Ka SPN Polda Aceh beserta seluruh staf, pengasuh, instruktur, dan tenaga pendidik yang telah menyukseskan Diktukba Polri gelombang I tahun 2023.

“Alhamdulillah Diktukba Polri gelombang I tahun 2023 terlaksana dengan baik sesuai dengan tujuan pendidikan dan kompetensi lulusan yang diharapkan,” demikian, kata Muhamad Setyobudi Dwiputro.(*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *