Gunung Ile Lewotolok di NTT Alami Erupsi, Tinggi Letusan 700 Meter

headline, Nasional115 Dilihat

NUSA TENGGARA TIMUR – Gunung Ile Lewotolok di wilayah Kabupaten Lembata, Nusa Tenggara Timur (NTT) mengalami erupsi, hari ini Senin (14/8/2023), pukul 11.04 WIT.

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) Badan Geologi Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) melaporkan, tinggi letusan 700 meter di atas puncak.

“Terjadi erupsi G Ile Lewotolok pada hari Senin, 14 Agustus 2023, pukul 11:04 WITA. Tinggi kolom letusan teramati ± 700 m di atas puncak (± 2123 m di atas permukaan laut),” jelas petugas Pos Gunung Api Fajaruddin M Balido, dalam siaran persnya, Senin (14/8/2023).

Berdasarkan laporan tersebut menyebutkan, kolom abu teramati berwarna kelabu dengan intensitas tipis hingga sedang ke arah barat dan barat laut.

Adapun erupsi terekam seismograf dengan amplitudo maksimum 30.7 mm dan durasi 126 detik.

Saat ini, tingkat aktivitas Gunung Ile Lewotolok masih pada Level II (Waspada).

Pada tingkat level ini, masyarakat sekitar Gunung Ile Lewotolok maupun pengunjung, pendaki, wisatawan agar tidak memasuki dan beraktivitas dalam wilayah radius 2 km dari pusat aktivitas gunung api itu.

“Masyarakat Desa Lamawolo, Desa Lamatokan dan Desa Jontona agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya dari guguran, longsoran lava dan awan panas dari bagian timur puncak atau kawah Gunung Ile Lewotolok,” ujar Fajaruddin.

Demi menghindari gangguan pernapasan (ISPA) maupun kesehatan Iain yang disebabkan abu vulkanis, masyarakat yang berada di sekitar Gunung Ile Lewotolok agar dapat menggunakan masker pelindung mulut dan hidung.

Selanjutnya, lengkap diri dengan peralatan lain untuk melindungi mata dan kulit.

“Masyarakat yang bermukim di sekitar lembah atau aliran sungai-sungai yang berhulu di puncak Gunung Ile Lewotolok agar selalu mewaspadai potensi ancaman bahaya lahar yang dapat terjadi terutama di saat musim hujan,” tandasnya. (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *