BPJS Kesehatan Luncurkan Program PESIAR

Gampong Geuceu Meunara jadi Salag Satu Pilot Project

headline, Nasional92 Dilihat

JOMBANG – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan resmi meluncurkan program Petakan, Sisir, Advokasi dan Registrasi (PESIAR). Peluncuran tersebut berlangsung meriah di Balai Desa Losari, Kecamatan Ploso Kabupaten Jombang, Rabu (30/08/2023).

Program tersebut dihadirkan untuk mengakselerasi proses rekrutmen peserta dan meningkatkan keterlibatan aktif dalam Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).
Mendukung program ini, Kementerian Desa dan PDTT mengeluarkan Peraturan Menteri Desa (Permendes) Nomor 8 Tahun 2022. Permendes ini memandatkan penggunaan Dana Desa untuk kegiatan advokasi, sosialisasi, dan edukasi terkait Program JKN di komunitas desa.

Mendes PDTT (Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi), Abdul Halim Iskandar menyatakan, pihaknya sangat mengapresiasi Program Pesiar.
Dikatakannya, program ini sangat positif. Dana Desa, lanjut Halim, bisa digunakan untuk sosialisasi, pendataan, dan berbagai aktivitas lainnya untuk meningkatkan partisipasi warga dalam BPJS Kesehatan.

“Tapi belum bisa digunakan untuk membayar (kepesertaan BPJS Kesehatan). Hanya menopang agar tingkat kepesertaan warga semakin tinggi terhadap BPJS,” ujarnya.
Program Pesiar sebagai bentuk tindak lanjut dari Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022 tentang Optimalisasi Pelaksanaan Program JKN yang menginstruksikan kepada 30 kementerian/lembaga termasuk bupati/walikota untuk mengambil langkah-langkah strategis yang diperlukan.

BPJS Kesehatan Juga bersinergi dengan Kemenko PMK, Kementerian Desa dan Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) dan Kementerian Dalam Negeri untuk memperluas dan meningkatkan partisipasi peserta JKN hingga tingkat desa dan kelurahan melalui kegiatan Pesiar.

Direktur Utama BPJS Kesehatan Ghufron Mukti, mengatakan, Program Pesiar melibatkan perangkat daerah setempat untuk mencapai target minimal 98% penduduk sebagai peserta JKN, sejalan dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2024.

Program ini sejalan dengan tujuan Universal Health Coverage (UHC) dan Sustainable Development Goals (SDGs) Desa. Salah satu aspek dari SDGs Desa adalah Desa Peduli Kesehatan, yang berfokus pada cakupan 100% penduduk desa dalam Program JKN.

Ghufron juga mengatakan bahwa Program Pesiar merupakan tindaklanjut dari Instruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2022. Isinya, mengarahkan kementerian/lembaga dan pemerintah daerah untuk mengambil langkah-langkah strategis dalam mendukung pelaksanaan Program JKN.

Dalam pelaksanaannya, Agen Pesiar yang ditunjuk oleh Pemerintah Desa akan membantu dalam pemetaan data penduduk di desa, penyisiran wilayah, advokasi, dan sosialisasi. Hasil dari kegiatan ini akan menjadi dasar untuk pendaftaran peserta JKN.

“Program PESIAR melibatkan perangkat daerah setempat guna mencapai target minimal 98 persen penduduk sebagai peserta JKN sesuai dengan Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) tahun 2024,” ungkapnya.

Pada kesempatan tersebut juga dilakukan Penandatanganan MoU BPJS Kesehatan dengan Kementerian Desa dan PDTT, Penandatanganan Perjanjian Kerja Bersama antara BPJS Kesehatan dengan Dirjen Pembangunan Desa dan Perdesaan Kemendes PDTT.

Geuceu Meunara Pilot Project

Sebanyak 126 desa di Indonesia menjadi pilot project untuk Desa Universal Health Coverage, salah satunya adalah Desa Geucu Meunara, Kecamatan Jaya Baru, Kota Banda Aceh.

Keuchik Gampong (Kepala Desa-red) Geuceu Meunara, Aidil Azhary mengungkapkan bahwa Program Pesiar ini sangat bagus sekali karena dapat mengajak seluruh Masyarakat untuk menjadi peserta JKN agar terjamin kesehatannya.

“Kami dari Pemerintah Gampong Geuceu Meunara tentu sangat mendukung pelaksanaan kegiatan ini, apalagi setelah launching kita akan berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan untuk mengatur langkah-langkah pelaksanaan kegiatan PESIAR ini dan tentu kami akan menyiapkan apa-apa yang dibutuhkan. Kepada BPJS Kesehatan agar dapat membantu untuk kelengkapan dokumen atau aksi apa yang harus dilakukan ditingkat desa termasuk untuk diberikan pelatihan kepada kami,” ucap Aidil.Aidil berharap dengan adanya Program PESIAR ini agar seluruh Masyarakat di Gampong Geuceu Meunara dapat terjamin kesehatannya dan selain itu juga dapat meningkatkan derajat kesehatan melalui upaya preventif. (rill/cr).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *